Sunday, October 30, 2011

Geographic Information System (GIS)

Geographic Information System atau lebih dikenal dengan sebutan GIS, merupakan suatu sistem informasi yang terintegrasi dan secara khusus digunakan untuk mengelola berbagai data yang mempunyai suatu informasi dalam bentuk spasial (keruangan). Teknologi sistem informasi geografis ini dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi bahkan data juga digunakan untuk melakukan perencanaan terhadap rute. Secara praktis, kita bisa menjelaskan bahwa Geographic Information System adalah suatu sistem komputerisasi yang mempunyai kemampuan untuk membangun, mengelola, menganalisa, menyimpan dan menampilkan suatu informasi geografis dalam bentuk pemetaan, serta useryang membangun data dan mengoperasikannya juga termasuk dari bagian sistem tersebut.
Dalam pengertian lainnya, Geographic Information System adalah suatu alat yang memungkinkan para user untuk menciptakanquery secara interaktif, menganalisa informasi spasial, mengedit data, peta wilayah dan mempresentasikan semua dari hasil operasi.Dalam istilah sederhana, Geographic Information System adalah penggabungan database (dB) kartografi dengan teknologi sehingga memungkinkan para user menjadi lebih user friendly terhadap program aplikasi untuk menemukan arah lokasi, seperti Global Positioning System atau lebih dikenal dengan sebutan GPS. Global Positioning System merupakan suatu komponen aplikasi real timeyang menggunakan satelit untuk menunjukkan posisi lokasi tentang keberadaan suatu objek.  Dalam pengertian lainnya, Global Positioning System adalah sebuah sistem navigasi berbasiskan radio yang menyediakan informasi koordinat posisi, kecepatan dan waktu kepada pengguna diseluruh dunia. Penggunaan GPS ini tidak dikenakan biaya tambahan atau free akses dan untuk menggunakannya para user hanya membutuhkan GPS receiver agar dapat mengetahui koordinat lokasi. Mengenai keakuratan koordinat lokasi, semuanya tergantung pada tipe GPS receiver yang digunakan oleh user.
Geographic Information System dapat diakses, ditransfer, ditransformasikan, diproses dan ditampilkan dengan menggunakan berbagai macam program aplikasi perangkat lunak (software). Dalam suatu industri komersial ditawarkan oleh perusahaan seperti : Autodesk, Bentley Systems, ESRI, Intergraph, Manifold System, MapInfo dan Smallworld yang paling mendominasi. Departemen pemerintah dan militer sering menggunakan perangkat lunak (software) yang telah di costumize, yaitu produk-produk yang berbasisOpen Source seperti : GRASS atau uDig yang merupakan suatu produk khusus dan telah memenuhi kebutuhan serta telah didefinisikan dengan sangat baik. Meskipun ada suatu perangkat gratis untuk melihat GIS dataset, akses publik terhadap informasi geografis didominasi oleh sumber daya online seperti Google Earth dan pemetaan web interaktif.
Referensi : Bahan perkuliahan GIS (SIMKES UGM 2008) bersama dengan Bapak Hartono dan Bapak Barandi.

No comments: